Malaysia 2012

Annual honneymoon bareng suamiku Indra. Hehehe…

Ahhh bukan juga sih.. ini kebeneran lagi kosong waktunya dan klop, so berangkatlah kita ke negeri Jiran.. Pengen liat Legoland yang baru dibangun di Johor Baru… So, tujuannya tahun ini KL. Legoland & Batu Caves. We skip Genting krn udah pernah dulu.

Dari Bandung naik AirAsia pagi2. Sampai di bandara LCCT lalu kita keluar cari tempat bis dan naik bis ke KL. Waktu itu kita pakai SKYBUS (Ada tulisan AirAsia gede banget disisi bisnya) bayarnya RM9. Tapi bisa juga pakai AEROBUS harganya RM8. Kalo yang lain kisaran RM18. Dan kalo pakai taxi bisa kena RM30-an deh.. Waktu perjalanan ke LCCT-KL kisaran sejam via jalan bebas hambatan. Kuala Lumpur secara transportasi jauh lebih baik dari Jakarta. Dengan berpusat di KL Sentral, disana ada bis, komuter, monorail or Rapid KL. Kemana2 gampang banget. Oya, tersedia juga loker2 barang utk turis. Biayanya tergantung besaran loker. Kisaran RM5-25 kalo gak salah. Jadi kita bisa simpan barang dulu di loker, trus lanjut jalan kemana aja. Dari KL Sentral kita naik monorail ke hotel yang terletak didaerah Bukit Bintang.

IMG_6245

Setelah simpen barang di hotel, tujuan pertama adalah Malaysian icon.. Si menara kembar Petronas itu… Lalu jalan2 deh keliling KL sambil cari makanan.. Laper… Hehehe..

Depan menara kembar Petronas

IMG_9653

Nonton dancing fountain di pelataran Suria KLCC

IMG_9595

Belanja oleh-oleh dulu di Central Market

IMG_9666

Belok dulu ke restoran India.. Apa Pakistan ya.. Apa Srilanka ya.. Hahaha…

IMG_6280

Kayaknya tiap negara punya Chinatown deh! So, udah kenyang, lanjut Chinatown….

IMG_9670

Serunyaaa Chinatown at night! Terang benderang, orang lalu lalang, hiruk pikuk penjual dan pembeli, banyak juga yang hang out sambil ngemil2…

Capek jalan2, kita kembali ke hotel pakai rapid KL. Monorailnya agak kosong.. Mungkin karena udah malem.. Oya biaya naik monorail kisaran RM1,6-2,1 an tergantung tujuan.

IMG_9683

Hari ke-2 tujuan kita adalah Legoland.. Berhubung adanya di Johor Baru, dan jaraknya kisaran 5-6 jam by car, jadi kita berangkat pagi2 banget.. Kalo mau ke Legoland, mending langsung pake flight Jakarta-Johor Baru aja, atau via S’pore.. Dari S’pore hanya kisaran 45 menit deh ke Legoland.

Dari penginapan ke Terminal Puduraya kita jalan kaki, mengikuti saran resepsionis hotel. Soalnya menurut dia, kalo pakai kendaraan malah lebih lama karena macet. Hmm.. baiklah…

Narsis dulu tengah jalan..

IMG_9692

Terminal Puduraya juga masih sepi. Kita beli tiket bis dan nunggu ampe kisaran sejam. Bisnya enggak bangeeetttt…!!! Tapi apadaya, daripada nunggu2 bis Caseway Link gak dateng2.. Tiketnya seharga RM 35/orang. Di Johor Baru kita berhenti di Terminal Larkin. Kalo disini bentuknya kayak Cililitan..

larkin

Trus dari situ naik bis yang khusus ke Legoland. Bisnya tiap jam sekali. Syukurlah bis yang ini nyaman banget.. Perjalanan Larkin – Legoland kisaran 20menit.

IMG_6221

Akhirnyaaaaaa…. Legoland….!!!! Tiket seharga RM140/orang udah kita beli online sebelumnya. Waaaaa… bener2 dunia Lego…!!! Dari aku kecil emang udah suka Lego, sejak dapet hadiah paket Lego yang gede banget, hasil menang ikutan lomba modeshow waktu kecil. Hahaha…

IMG_9713

Di Legoland, banyak figure2 yang dibuat dari Lego. Terus ada semacam miniatur kota2 atau gedung2 terkenal sedunia. Layaknya Madurodam di Belanda tapi ini semua dibikin dari Lego… Ada juga beberapa games dan wahana permainan, tapi aku gak naik.. Keburu capek gara2 jauhnya perjalanan.. Panas bangeeetttt dan berhubung masih baru, jadi pohonnya masih kecil2 belum rindang. So bagi yang mau kesana sebaiknya pakai topi atau payung..

IMG_9724IMG_9729IMG_9752IMG_9730IMG_9743IMG_9765IMG_9753IMG_9802IMG_9820IMG_9816IMG_9829IMG_9823IMG_9833IMG_6248

Jam 4 sore kita keluar dari Legoland karena bis terakhir menuju terminal Larkin jam 4. Ternyata bisnya baru datang jam 5.. Dari Larkin kita naik bis pulang menuju KL. Bisnya lebih amit-amit lagi….. Haduuuuhhh… Tapi apadaya.. Tidur aja deh spanjang jalan.. Sampe Terminal Puduraya KL jam 12 malem. Karena laper, so belok lagi restoran yang lagi2 kita lupa itu resto India, Pakistan, Afghan ato Srilanka. Yang pasti enaaak deh! Udah kenyang langsung mandi dan tiduuuurrr.. What a day…

IMG_6223

Hari ke-3, tujuan kita Batu Caves. Gara2 sering banget liat di internet, bener2 penasaran isi gua itu… Dari hotel kita brangkat jam 9. Sekalian check out karena sore kita balik ke Bandung. Pake rapid KL menuju KL Sentral. Trus simpen barang dulu di loker, lanjut naik komuter yang tujuannya langsung ke Batu Caves. Komuternya nyamaaan deh.. Kebeneran kosong juga. Lama perjalanan kisaran 45 menit tapi gak kerasa karena liat pemandangan dari kaca komuter yang gede banget..

IMG_6232

Sampai di Batu Caves, kita gak usah beli tiket apapun karena emang gratis masuk ke tempat peribadatan tersebut. Begitu masuk gerbang nengok kiri ada patung Hanoman warna ijo yang gede bangeeett! Di belakangnya ada tempat bersembahyang juga.

IMG_9866

Lalu gak jauh dari situ ada semacam pendopo dengan stupa emas diatasnya. Pendopo ini biasa dipakai untuk upacara2 keagamaan bahkan pernikahan. Kalo mau naik ke pendopo harus lepas alas kaki.

IMG_9877

Lanjut jalan lagi, nampaklah patung yang lebih besar lagi dari Hanoman hijau di gerbang depan. Ini adalah patung Dewa Murugan yang seluruhnya dicat emas, tingginya mencapai 42,7 meter. Patung ini merupakan patung Murugan tertinggi di dunia.Disini Lord Murugan berpose sambil memegang tombak sakti pemberian ibunya (Parwati, istri dewa Siwa) yang digunakan melawan setan jahat Soorapadman. Festival Thaipusam diadakan untuk memperingati hari dimana Parwati memberikan tombak sakti tersebut kepada Lord Murugan. Hampir semua patung, relief dan hiasan-hiasan di tempat ini menceritakan kisah Lord Murugan melawan setan jahat tersebut.

IMG_9885

Di belakang patung ini ada deretan tangga yang cukup sempit dan curam berjumlah 272 anak tangga yang mesti di daki bila kita ingin melihat Temple atau Cathedral Cave, gua terbesar di area itu.  Dinamai demikian karena didalamnya terdapat 4 kuil Hindu dibawah langit-langit gua setinggi 100 meter. Suamiku gak mau naik. Keknya liat tangganya aja udah males. Terus terang aku phobia ketinggian. Tapi dari Bandung aku udah penasaran banget dengan isi gua tsb. Gak tau angin dari mana, aku kok berasa berani dan akhirnya nekat naik sendiri dengan berpegangan pada pinggir tangga. Gak berani liat belakang. Aku  jalan pelan2 sambil liat ke depan. Kalo capek berenti dulu. Abis emang panjang bangeeet rsanya kok gak sampe2…. Banyak monyet di tengah jalan. Serem juga sih..Untung aku cuma bawa kamera. Tas aku titip pada suamiku di bawah sana.

IMG_9918IMG_9921

Sampaaaaaaiiiiii……!!!!! Dan inilah isi gua Chatedral…. Ternyata didalamnya juga harus naik turun tangga! Oh Tuhan…. tapi alhamdulillah aku bisa jajal semuaaa… Gak tau dapet keberanian dari mana nih! Hahaha..

IMG_9887IMG_9893IMG_9898

Dari situ aku belok ke Dark Cave. Tadinya nekat mau masuk tapi kok gelap banget.. Harus bawa senter.. Aku urungkan niat karena takut.. Lagian bau kelelawarnya gak tahan juga sih..

IMG_9922IMG_9925

Naaahh.. sekarang tinggal turun nih… Gimana yaaa… Ngaso sebentar ngumpulin nyali, trus akhirnya aku turun pelan2 sambil tetap berpegangan pada sisi tangga. And you know what? Pulang ke Indonesia, phobia ketinggianku jauuuuh berkurang. Yang tadinya naik eskalator takut, sekarang suka mikir, masa di Batu Caves bisa ini yang cuma se ’empret’ doang gak bisa…??? Hahaha.. Tapi kalo sama jembatan penyebrangan sih i still say BIG NO!

IMG_9927

Sampe bawah, foto2 dulu ama merpati trus minum air kelapa muda yang banyak dijual disana. Segaar…. Sampai Bandung baru nyadar, kalo ada satu gua lupa kita masukin yaitu gua Ramayana.. Yang didalemnya banyak lampu warna warni terang benderang. Tapi gak apalah.. next time mudah-mudahan kita bisa kesana lagi. Aamiin..

IMG_6261

Dari Batu Caves naik komuter lagi ke KL Sentral, ambil barang di loker, lanjut naik bis ke LCCT. Di LCCT makan dulu. Lalu pulang deh ke Bandung….

Well, itulah sepotong jalan-jalanku bersama suami ke Malaysia tahun 2012…